Senin, 11 Februari 2013

Pembelajaran IPS


v  Memelihara Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Rumah

       Pernahkah kamu ikut membersihkan halaman rumah? Halaman rumah merupakan
bagian dari lingkungan yang harus dijaga.Mennam pohon merupakan salah satu cara merawat dan menjaga lingkungan.Lingkungan yang bersih akan membuat kita nyaman.
      Pemerinah mencanangkan gerakan penanaman seribu pohon.Tujuanya untuk menjaga dan merawat lingkungan yang disebut dengan reboisasi.
Ayo,bersama-sama membersihkan halaman rumahmu.Kamu merasa nyaman berada dihalaman rumah yang bersih bukan ? bagaimana cara menjaga dan merawat lingkungan dengan baik? Simaklah uraian berikut
A.CARA EMELIHARA LINGKUNGAN ALAM
     Tumbuh-tumbuhan yang hidup dihutan dan pegunungan dapat berfungsi meles tarikan air,udara dan tanah.Akar tumbuhan dapat berfungsi sebagai penahan air.Sehingga tidak akan terjadi banjir dan erosi padasaat hujan deras.erosi dan banjir menyebaban lapisan tanah paling atas akan ikut hanyut.Padahal lapisan tanah paling atas adalah yang paling subur.Hutan juga disebut dengan paru-paru dunia.Tumbuhan yang ada di hutan menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida hal ini terjadi pada saat tumbuhan melakukan fotosintesis.Oksigen diperlukan mahluk hidup untuk bernafas.
1.Menjaga kelestrian air
Setiap mahluk hidup membutuhan air.Manusia membutuhkan air untuk minum,mandi,menuci,memasak,dan lain-lain.Air untuk minum harus dimasak terlebih dahulu agar kuman-kumanya mati.Hewan memerlukan air untuk minum,mandi.Tumbuhan memerlukan.air utnuk pertumbuhan dan kesuburan.Air merupakan karunia Tuhan yang harus dijaga keberadaan dan kebersihannya.    Air yang kotor atau tercemar tidak dapat dimanfaatkan.Air yang kotor atau tercemar dapat membahayakan kehidupan mmanusia,hewan,dan tumbuhan.kelestarian air dapat dijaga dengan cara antara lain :
a.    Tidak membuang  sampah di sungai atau saluran air
b.    Melakukan kegiatan peghijauan atau penanaman pohon kegiatan tersebut berfungsi sebagai penahan dan penyimpan air.
c.    Menggunakan air sesuai kebutuhan.
d.    Air bekas cucian dan mandi diusahakan tidak langsung meresap kedalam tanah.tetapi dialirkan kesaluran pembuangan hal ini bertujuan agar tidak terjadi pencemaran air tanah.
2.  Menjaga Kelestarian Udara
Udara sangat penting bagi kehidupan manusia. setiap makhluk hidup di bumi membutuhkan udara.manusia dan hewan memerlukan udara untukk bernapas.tanpa udara semua makkhluk hidup akan mati. Udara perlu dijagaa kebersihannya.asap pabrik dan asap kendaraan bermotor dapat mnyebabkan pencemaran udara. Pencemaran udara sama dengan polusi udara.untuk mengurangi pencemaran udara, pabrik-pabrik besar harus  menggunakan cerobong asap. Udara yang bersih baik untuk kesehatan badan.untuk mengurangi terjadinya pencemaran udara sebaiknya di kanan kiri jalan ditanami pohon.kamu juga harus ikut serta dalam menjaga kebersihan udara
 3. Menjaga  Kesuburan Tanah  
Tanah merupakan tempat hidup bagi makhluk hidup.semua hasil pertanian , perkebunan, tambang,dan hasil bumi lainnya berasal dari tanah. Tanah yang sbur dapat menghasilkan tanaman yang baik.tanah yang tandus perlu diolah agar menjadi subur.sampah dari daun baik untuk menyuburkan tanah.untuk menjaga kelestarian tanah,tanamilah tanah kosong di sekitarmu agar tidak menjadi tandus.tanah harus diolah dengan pengairandan pemupukan yang benar. Pelestarian tanah juga dapat dilakukan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Sampah harus dibuang dilokasi pembuangan yang semestinya.sampah yang kita buang umumnya terdiri ataas sampah orgaanik dan sampah anorganik.


B. CARA MEMELIHARA LINGKUNGAN BUATAN
1. Mejaga  Ketertiban  Lingkungan
Menjaga  yang aman, tertib,dan tenteram menjadi harapan semua orang.oleh karrna itu,setiap warga harus menjagakeamanan dan ketertiban.apa  yang terjaddi jika kita tidak menjaga ketertiban lingkungan? Tentunya saja lingkungan tidak akan aman,banyak terjadi pencurian,kekacauan,dan berbagai keributan lain.akibatnya warga merasa terancam  dan tidak dapat hidup tenang.
2. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Lingkungan yang bersih merupakan dambaan setiap orang. Kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab setiap orang.sebagai contoh,dikomplek perumahan pak budiman setiap hari minggu diadakan kerja bakti .   

C . MEMELIHARA LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN. 
    Kamu tentu pernah melihat sungai,baik sungai besar maupun sungai kecil. Sungai termasuk kenampakan alam. Tahukah kalian manfaat sungai ? manfaat sungai banyak sekali seperti yang telah dijelaskan didepan.agar sungai selalu dapat dimanfaatkan oleh manusia,sungai harus dijaga kelestariaanya dan kebersihannya.contoh perilaku yang baik dalam memelihara sungai adalah tidak membuang sampah dan limbah kesungai.karena dapat mencemari dan mengotori sungai.selain itu,sampah yang dibuang di sungai dapat mengakibatkan banjir.selain sungai,kenampakan alam dan  buatan yang harus dijaga kelestariannya adalah hutan. Hutan  ada yang alami dan ada yang buatan. Hutan alami adalah hutan yang ada dengan sendirinya sebagai ciptaan tuhan yang maha esa. hutan buatan adalah hutan yang engaja dibuat oleh manusia untuk berbagai tujuan dan kepentingan hidupnya.manfaat hutan yang paling utama adalah sebagai tempat penyimpanan air.selain itu,mencegah terjdinya bencana banjir dan tanah longsor .oleh karena itu ,kita tidak boleh merusak hutan.hutan wajib dijaga kelestariannya dengan cara tebang pilih (menebang pohon dengan cara memilih pohon yang lebih tua dan siap untuk ditebang ) dan reboisasi.reboisasi adalah penanaman kembali pohon-pohon di hutan.
   Sawah merupakan contoh lingkungan buatan yang sengaja dibuat manusia.petani menanam padi disawah.dari menanam padi,petani mendapatkan beras.beras di masak menjadi nasi sebagai  makanan pokok sehari-hari.agar dapat memperoleh hasil yang maksimal petani harus mengolah lahan pertaniannya dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar